IBX59BFB65282A27

Sabtu, 26 Agustus 2017

Tips Memilih Hewan Terbaik Untuk Kurban

Kambing Ideal

Tak terasa, hari raya idul adha sudah di depan mata umat islam. Biasanya menjelang hari raya idul adha banyak sekali lapak-lapak penjual hewan kurban bertebaran di pinggiran jalan. Tak ada salahnya bagi seorang yang beragama islam memiliki persiapan dalam merayakan hari raya kurban ini dengan memilih hewan mana yang akan dikurbankan di hari raya nanti. Pada dasarnya memang setiap hewan yang dikurbankan tentu sangat layak untuk dikonsumsi dilihat dari fisik hewan-hewan yang dikurbankan.

Namun dengan banyaknya penjual yang bertebaran dipinggiran jalan tentu membuat Anda memilih hewan mana yang paling baik untuk dikurbankan. Tentu banyak hal yang harus diperhatikan ketika memilih hewan kurban supaya amalan kurban kita benar-benar dinilai terbaik di Mata Allah. Tentu Anda tidak mau jika amalan kurban Anda menjadi tidak sempurna atau bahkan tidak sah bukan? Nah kali ini saya akan memberikanbeberapa tips yang harus Anda lakukan ketika memilih hewan yang akan dikurbankan.

1. Usia Hewan

Setiap hewan yang akan dikurbankan tentu memiliki standarisasi usia hewannya, suapaya hewan yang dikurbankan tidak terlalu kecil atau terlalu tua. Jika untuk usia kambing atau domba bianyanya patut dijadikan hewan kurban jika sudah berumur 12-18 bulan, sedangkan untuk sapi dan kerbau standarnya sudah berusia 22 bulan. Untuk mengetahuinya memang mudah cukup tanyakan dengan penjualnya saja, namun jika Anda ingin memastikan sendiri ada satu metode yang patut dicoba yakni metode cek gigi hewan. Jika dua gigi susu bagian depan hewan sudah tanggal maka umurnya sudah sesuai kriteria, kambing atau domba berusia 12-18 bulan sedangkan kerbau atau sapi berusia 22 bulan.

2. Sehat Dan Tidak Cacat

Pengecekan kesehatan memang sangatlah perlu, tapi bukan itu saja yang diperlukan. Hewan kurban juga harus dalam keadaan sempurna tidak ada cacat sedikitpun. Sebab jika hewan yang akan dikurbankan ternyata terdapat cacat maka hewan tersebut tidak sah dan hanya akan menjadi amalan shadaqah biasa bukan berkurban di hari raya kurban. Maka dari itu perhatikanlah hewan yang akan dibeli pastikan tidak buta, pincang ataupun sangat kurus.

3. Nafsu Makan Yang Tinggi

Kesehatan memang harus diperhatikan namun tak cukup sehat saja, selain sehat hewan yang akan dijadikan hewan kurban haruslah memiliki nafsu makan yang tinggi sehingga akan menghasilkan daging yang banyak dan tentunya aman dikonsumsi. Untuk lebih berhati-hati lagi Anda boleh menanyakan tentang surat keterangan kesehatan hewan kepada penjual sebagai acuan bahwa hewan benar-benar dalam keadaan sehat.

4. Perhatikan Organ Tubuh Hewan

Saat Anda di lokasi penjual hewan kurban pastikan Anda sudah mencek semua oragn tubuhnya. Mulai dari mata, hidung, anus, kulitnya, bulunya (jika domba atau kambing) serta organ tubuh lainnya. Pastikan semua dalam keadaan normall tak ada tanda-tanda kekurangan atau ada yang cacat dan sakit. Selain itu yang terpenting adalah postur tubuhnya harus proporsional, tanduknya seimbang, badannya terlihat tegak dan gagah.

5. Hewan Jantan

Memang pada point terakhir ini tidak menggugurkan keabsahan ibadah kurban di hari raya idul kurban. Namun sangat disarankan oleh Baginda Nabi untuk mengkurbankan hewan yang jantan karena jika yang banyak dikurbankan hewan yang betina maka akan mengurangi populasi hewan tersebut, sebab masa-masa usia itulah hewan sudah mulai sanggup berkembang biak. Jadi alangkah baiknya hewan yang dijadikan hewan kurban adalah hewan berkelamin jantan.

Nah, itu dia tips yang harus anda lakukan ketika memilih hewan yang akan dijadikan hewan kurban. Pilihlah yang sudah masuk standar dan akan lebih bagus lagi jika hewan tersebut sudah di atas standart tentu akan lebih baik. Semoga bermanfaat dan selamat berkurban.

Tidak ada komentar:
Write komentar